Semen Tanah Api atau Insulating Mortar

Semen tahan api adalah jenis material refractory dengan kategori Monolithic, Yaitu material refractory yang belum terbentuk dan dalam pemakaiannya perlu dilakukan proses pembentukan atau pencampuran bahan lain seperti air bersih terlebih dahulu. Castable adalah jenis semen cor tahan api yang digunakan sebagai spesialis pemasangan pada Boiler Furnace, Industrial Furnace, Kiln, Incinerators, maupun keperluan cor tahan api umum lainnya.

Semen Cor Tahan Api C17/Castable TNC 17 atau biasa disebut Castable C17 ini pemasangannya dengan sistem Formwork/By Casting. Jadi harus dilakukan proses pengecoran yang memerlukan formwork/casting dengan menggunakan kayu/besi yang disesuaikan dengan kondisi pekerjaan. Untuk memperkuat fisik pengecoran diperlukan Steel Anchor dengan tujuan menambah kekuatan fisik castable dan hasil pengecoran lebih tahan lama. Setelah proses pengecoran diperlukan proses pengeringan + – 24 jam sebelum terkena suhu panas/api yang tinggi (Dry Out), yang bertujuan menghilangkan kadar air dalam cor agar castable kering dengan sempurna dan menghindari keretakan saat terkena suhu api.

Semen tahan api ini dibedakan menjadi 2 jenis yaitu Heat Setting Mortar dan Air Setting Mortar

Heat setting mortar sendiri ada 2 jenis yaitu Fire mortar untuk bata tahan api serta Insulating Mortar untuk insulating brick

Disebut heat setting karena karakteristik material ini tidak bisa mengeras sebelum terkena panas atau api.  Tipe-tipe heat setting mortar mengikuti tipe bata tahan api, demikian juga dengan insulating mortar.

Semen Tahan Api

Sedangkan Air setting mortar mempunyai karakteristik yang cepat mengeras walau hanya terkena udara saja.  Air setting mortar dapat digunakan untuk memasang bata tahan api dan insulating brick.

Sesuai dengan namanya, Heat Setting Mortar baru bisa menjadi keras dan mempunyai daya rekat yang bagus setelah hasil pemasangan, Mortar tersebut dipanaskan diatas suhu 1000 oC dan menjadi sintering. Sintering yaitu kondisi dimana suatu material menjadi matang dan mengeras secara sifat fisiknya.

Contoh yang termasuk dalam kelompok Heat Setting Mortar yaitu BAT Refractory Mortar,  jenis SM series,  seperti SM-34, SM-36, SM-38, dll.

Contoh yang termasuk kelompok Air Setting Mortar yaitu NEOSET Air Setting Mortar,  seperti : NEOSET AM-304, AM 306, AM 308, AM 90 P AM 40 P,  dan lain lain.

UNTUK INFORMASI PRODUK, JASA & PEMESANAN HUBUNGI:

PT INTERMATRA

SPECIALIST REFRACTORY & INSULATION PRODUCT

Bahan Tahan Api, Semen Tahan Api, Bata Tahan Api, Castable, Tahan Api, Semen Tahan Api